Kamis, 04 Agustus 2016

CONTOH PERHITUNGAN PENERAPAN ANALISIS HUBUNGAN B-V-L DALAM PERUBAHAN BERBAGAI FAKTOR




Beberapa Aplikasi dari Konsep Biaya-Volume-Laba yaitu antara lain :
     A.Perubahan dalam Biaya Tetap dan Volume Penjualan

Sekarang
Revisi Penjualan & Biaya Iklan
Peningkatan
% Penjualan
Penjualan 
$ 100,000
$ 130,000
$ 30,000
100%
(-/-) B. Variabel
60,000
     78,000
   18,000
60%
Margin kontribusi
40,000
     52,000
   12,000
40%
(-/-) Beban tetap
35,000
    45,000
           0

Laba bersih
$     5,000
$    7,000
$  12,000

             

Manajemen perusahaan mempertimbangkan untuk meningkatkan anggaran iklan per bulan sebesar $10,000 akan meningkatkan penjualan sebesar $30,000 dan 520 unit. Perubahan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Asumsikan tidak ada faktor lain yang diperhitungkan maka peningkatan anggaran iklan akan meningkatkan laba bersih sebesar $ 2,000. terdapat 2 cara cepat perhitungan diatas yaitu :

Perhitungan I
 Proyeksi Margin Kontribusi
($130,000 x 40% rasio CM)
       $ 52,000
Total Margin Kontribusi
($100,000 x 40% rasio CM)
      $ 40,000
Peningkatan Margin Kontribusi
   12,000
Perubahan dalam biaya tetap

     (-/-) Peningkatan biaya iklan
      $ 10,000
Peningkatan Laba Bersih
      $   2,000

Perhitungan II
Peningkatan Margin Kontribusi
($30,000 x 40% rasio CM)
   $ 12,000
     (-/-) Peningkatan biaya iklan
      10,000
Peningkatan Laba Bersih
        $   2,000

Perhitungan ini lebih singkat tidak perlu menyiapkan laporan laba rugi dan melibatkan analisis perningkatan yang memperhitungkan faktor pendapatan, biaya dan volume yang akan berubah jika terdapat perubahan diantara faktor-faktor diatas.

        B. Perubahan dalam Biaya Variabel dan Volume Penjualan
            Manajemen perusahaan mempertimbangkan penggunaan komponen berkualitas lebih tinggi yang akan mengakibatkan naiknya biaya variabel sebesar $10 namun dengan perbaikan komponen akan meningkatkan penjualan menjadi 480 unit per bulan. Perubahan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini:

     Perhitungan  
Proyeksi Margin Kontribusi
(480 unit  x $90 per unit )
       $ 43,200
Total Margin Kontribusi saat ini
(400 x $100 per unit)
          40,000
Peningkatan Margin Kontribusi
  $13,200

Dari hasil perhitungan disimpulkan peningkatan biaya variabel dapat dilakukan karena dapat meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan total margin kontribusi dan laba bersih sebesar $ 3,200.

        C.  Perubahan dalam Biaya Tetap, Harga Jual dan Volume Penjualan
            Manajemen perusahaan mempertimbangkan menurunkan harga jual sebesar $20 per unit dan meningkatkan biaya iklan sebesar $15,000 per bulan namun dapat meningkatkan penjualan sebesar 50% atau menjadi 600 unit. Perubahan tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini :

     Perhitungan dan Laporan Laba Rugi
Proyeksi Total Margin Kontribusi
(600 unit x $ 80 per unit)
       $ 48,000
Total Margin Kontribusi sekarang
(400 unit x $100 per unit)
      $ 40,000
Peningkatan Margin Kontribusi
   8,000
Perubahan dalam biaya tetap

     (-/-) Peningkatan biaya iklan
      $ 15,000
Penurunan Laba Bersih
     ($   7,000)
                                                                                        

Sebelum Revisi
Sesudah Revisi  


Total
Per Unit
Total
Per Unit
Selisih
Penjualan 
$ 100,000
$ 250
$ 138,000
$ 230
$ 38,000 
(-/-) B. Variabel
60,000
    150
     90,000
   150
   30,000
Margin kontribusi
40,000
   $ 100
    48,000
$   80
     8,000
(-/-) Beban tetap
35,000

    50,000 

   15,000
Laba bersih
$     5,000

$    2,000

($ 7,000)

Perubahan seharusnya tidak dilakukan karena mengakibatkan penurunan laba bersih.
 demikian seputar contoh perhitungan analisi hubungan B-V-L dalam perubahan berbagai faktor, semoga bermanfaat mapren !!


 

0 komentar:

Posting Komentar